Sabtu, 19 Maret 2011

Analisis SK-KD

ANALISIS/ PEMETAAN SK-KD

 
                Sekolah                               : SMP NEGERI 2 Cigudeg                                                     Semester                                  : 1 (Satu)
                Kelas                                    : VII (Tujuh)                                                                           
                Tahun Ajaran                        : 2010-2011
                Mata  Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

           Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda        alam       dengan menggunakan peralatan                                                                                                                                                


Kompetensi
Dasar
Tingkatan Ranah KD
Indikator Pencapaian
Tingkatan Ranah IPK
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Ruang Lingkup
Alokasi
 Waktu
1
2
3
4
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

C3
-    Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
-    Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-    Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

C1

C3

C3
Besaran dan satuan





30 ‘
30 ‘

60 ‘
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya



C3
-       Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
-       Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
-       Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain
C3
C3

C2
Suhu dan pengukuran





30 ‘
60 ‘


60 ‘
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
C3
-       Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
-     Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam
       pengukuran

C3

C3
Suhu dan pengukuran




30 ‘

30 ‘
Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat

Kompetensi
Dasar
Tingkatan Ranah KD
Indikator Pencapaian
Tingkatan
Ranah IPK
Materi
Pokok/Pembelajaran
Ruang Lingkup
Alokasi
 Waktu
1
2
3
4

2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
C3
-       Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
-       Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
-       Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
C1

C3

C3
Asam, Basa, Garam





30 ‘

30 ‘

60 ‘

2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
P3
-       Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
P3
Sifat asam, basa pada bahan makanan



60 ‘
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
C1
-       Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-       Menuliskan nama dan lambang unsur
-       Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-       Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
C1
C1
C1
C1
Unsur kimia



30 ‘
30 ‘
30 ‘
30 ‘
2.4 Membandingkan sifat unsur,
     senyawa, dan campuran

C2
-       Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-       Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
-       Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

C2

C2
C2
Unsur, senyawa dan campuran





60 ‘

30 ‘
30 ‘



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar